3/26/18

Bagaimana cara menyimpan Bitcoin dengan aman?

Mengenali penipuan akan mengurangi risiko

Penipu selalu mencari cara menghindari penegakan hukum dan peraturan yang ada. Mereka memanfaatkan adanya inovasi teknologi dan mengambil keuntungan dari orang-orang yang masih belum sepenuhnya mengerti tentang teknologi tertentu. Oleh karena itu, seperti halnya teknologi baru, ada risiko yang terkait dengan mata uang digital. Kami ingin Anda memahami risikonya dan memastikan bahwa Anda melakukan cara-cara untuk melindungi diri dan uang Anda.

Serangan phishing

Jika Anda memiliki mata uang digital, Anda akan menjadi target menarik untuk para penjahat siber. Luno akan menjaga Bitcoin Anda dengan aman. Tapi hanya Anda sendiri yang dapat memastikan keamanan password Anda.
Phishing’ adalah serangan dimana kriminal menggunakan situs palsu yang ‘terlihat asli’ untuk memperdaya Anda sehingga Anda memasukkan rincian login termasuk password Anda. Mereka lalu menggunakan password Anda untuk mengakses akun Anda.

Jenis serangan phishing

  1. Phishing melalui situs. Penipu membuat situs palsu untuk memancing Anda memasukkan rincian log in Anda. Tetap waspada dan jangan klik iklan Google palsu. Sebelum memasukkan rincian cek alamat website dengan hati-hati untuk memastikan Anda berada di URL yang benar.
  2. Phishing melalui email. Penipu akan mengirimkan email yang tampak asli dan terpercaya dalam upaya meyakinkan Anda untuk memberikan rincian login Anda. Periksa email pengirim dan pastikan Anda diarahkan ke situs URL yang asli dan benar.
  3. Spearphishing. Penipu mencoba mendapatkan informasi tentang individu tertentu. Jika mereka tahu Anda memiliki mata uang digital, penipu bisa berpura-pura menjadi karyawan perusahaan mata uang digital tersebut lalu menghubungi Anda melalui telepon atau email.
Anda mungkin berpikir Anda akan dengan mudah mengenali jebakan ini dan menghindarinya. Tapi tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda 100% yakin terhadap setiap tautan yang pernah Anda klik? Apakah Anda berani mempertaruhkan semua Bitcoin atau Ethereum Anda?

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dengan aman.

  1. Selalu pastikan alamat situs yang Anda kunjungi adalah benar dan bukan situs palsu.
  2. Gunakan otentikasi dua faktor di seluruh dompet Bitcoin dan alamat email Anda.
  3. Gunakan program password manager.
  4. Jika Anda menggunakan akun Gmail, lakukan pemeriksaan keamanan.

Penipuan investasi

Karena teknologi mata uang digital masih relatif baru, muncul penipuan berkedok investasi yang berusaha mencuri uang Anda. Anda dapat mengenali berbagai bentuk penipuan berkedok investasi mata uang digital jika Anda telah terbiasa.

Penipuan cloud mining

99% dari operasional cloud mining selalu mencurigakan. Penambang Bitcoin yang sah akan memberi tahu Anda bahwa margin keuntungan pada pertambangan sangatlah kecil. Tidak ada orang di luar sana yang menambang Bitcoin dan dapat menghasilkan 10%, 20%, 30% per bulan seperti yang dijanjikan penipuan jenis ini. Hindari hal ini apapun yang terjadi.

Penipuan multi-level marketing

Jika perusahaan mempromosikan program referral mereka jauh lebih agresif daripada produk sebenarnya, kemungkinan besar perusahaan tersebut adalah scam. Biasanya, mereka membayar investor lama menggunakan deposit investor baru hingga pada akhirnya mereka akan menghilang dan kabur dengan uang Anda, dan hanya pada saat itu para korban menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak tahu kepada siapa mereka mengirim uang mereka.

Pengganda" Bitcoin, atau program investasi dengan untung besar (skema Ponzi)

Penipuan jenis ini meyakinkan Anda bahwa mereka telah menemukan metode khusus atau rahasia untuk menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Baik itu perdagangan atas nama Anda, atau aspek-aspek teknis mata uang digital. Namun pada kenyataannya, mereka belum menemukan apa-apa - bahkan jika mereka telah melakukan rahasia besar yang menguntungkan, mereka tidak membutuhkan investasi Anda, bukan? Orang-orang ini sangat terampil menipu Anda. Berhati-hatilah.

Cara mengenali penipuan

Ketahui secara mendalam sebelum berinvestasi pada apapun. Jika keuntungan yang dijanjikan terdengar terlalu indah untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu hanyalah ilusi/penipuan. Cek juga Bad List di badbitcoin.org. Jika perusahaan investasi Anda ada di sini, artinya mereka adalah penipu.

Pasar fluktuatif

Meskipun hal ini tidak terkait dengan aktivitas kriminal, penting untuk diperhatikan bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya bersifat sangat fluktuatif. Fluktuasi harga dapat saja berpotensi merugikan, sehingga penting bagi Anda untuk mempertaruhkan jumlah uang yang terlalu tinggi (lebih dari apa yang Anda mampu relakan). Baca artikel blog kami mengenai dollar cost averaging dan gejolak pasar untuk informasi lebih lanjut.
Ingatlah bahwa selama pergerakan pasar yang fluktuatif, informasi yang keliru dapat menyebar di portal berita, dan perusahaan mata uang digital mungkin mengalami gangguan layanan karena tingginya permintaan. Anda mungkin saja tidak selalu dapat menjual mata uang digital Anda kapanpun Anda mau.

Load disqus comments

0 komentar